Iklan

Follow us

Makin Dirindukan, Elektabilitas Rinny Tamuntuan - Mario Seliang Melejit di Sangihe

Timur Pos
Jumat, 20 September 2024, 18:06 WIB Last Updated 2024-09-20T10:06:20Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

Calon Bupati Sangihe, dr. Rinny Tamuntuan Dan Calon Wakil Bupati Sangihe, Mario Seliang 

SANGIHE,TIMURPOS.COM
- Pasca-pendaftaran pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Singihe jelang PIlkada November 2024, dari 4 pasangan yang terdaftar, peluang tingkat keterpilihan pasangan Rinny Tamuntuan-Mario Seliang melejit di atas pesaingnya, jumat (20/09/2024).


Dengan demikian elektibilitas tinggi pasangan Rinny Tamuntuan - Mario Seliang ini terbaca lewat Psychometric Assessment berbasis  Artificial Intelligence (AI) yang dilakukan kelompok analis dan pegiat politik Sulawesi Utara.


"Dalam diskusi terbatas dengan penulis, baru-baru ini,  Amato Assagaf, selaku ketua kelompok kajian itu mengatakan hasil asesmen psikometri mereka menunjukan peluang tingkat keterpilihan yang tinggi mengarah ke pasangan Rinny Tamuntuan-Mario Seliang di Sangihe." Ucap Amato.


Ada beberapa indicator yang membuat elektabilitas mereka tinggi, antaranya kecenderungan pemilih milenial perkotaan merasa Mario Seliang, selaku calon Wakil Bupati  adalah representasi mereka,” katanya.


Dikatakan Amato, faktor politik yang mempengaruhi sikap pemilih milenial itu antara lain kesadaran akan kredibilitas calon dan relevansi program-program mereka." Terangnya.


Kemudian disusul oleh alasan pilihan ideologis dan nilai politik dari pasangan Rinny Tamuntuan-Mario Seliang , yang memiliki  akuntabilitas politik serta transparansi saat tampil sebagai pejabat Bupati Sangihe selang 2 tahun. Selain itu kata dia, dari 4 pasangan yang terdaftar, pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini menghadirkan representasi kaum perempuan." Ujarnya.


Lanjutnya lagi, "Tampilnya seorang Rinny Tamuntuan pada kontestasi politik Sangihe menjadikan wajah politik di daerah kepulauan tersebut tak melulu wajah laki-laki. Dalam artian sederhana, kaum perempuan punya keterwakilan dalam Pilkada tersebut. Bacaan dan kajian kami berdasarkan aliran sejumlah data  baik di media social dan Media mainstream terkait ke 4 pasangan calon lalu dianalisis lewat Artificial Intelligence (AI)." Tuturnya.


Pada tingkat popularitas keempat calon nyaris sama. Semua relatif sangat dikenal masyarakat. Namun penilaian obyektif terhadap peluang tingkat keterpilihan atau elektabilitas, pasangan Rinny Tamuntuan-Mario Seliang sedikit melambung di atas tiga pasangan lainnya,” Tutup Amato Assagaf.






Reporter : Alfrets Maurits 

Sumber : Iverdixon Tinungki


Komentar

Tampilkan

Terkini